Warga Miskin di Buleleng Tercatat 51.384 KK

Posted by Unknown on Minggu, 30 November 2014 0

Warga miskin di Kabupaten Buleleng tercatat sebanyak 51.384 kepala keluarga (KK). Jumlah warga miskin di Bali Utara ini, 30 persen dari jumlah penduduk sebanyak 173.040 rumah tangga (RT). Atas kondisi ini, Pemkab Buleleng berhasil melakukan penanganan kemiskinan melalui beberapa program yang dijalankan melalui Dinas Sosial (Dinsos) Buleleng. Salah satu program yakni bedah rumah dan rehab rumah bagi warga miskin yang telah diterima oleh 4.029 KK.

Menurut data di Dinas Sosial (Dinsos) Buleleng, jumlah warga miskin itu menyebar di sembilan kecamatan. Pencatatan data dilakukan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Rincian warga miskin di masing-maisng kecamatan itu, terdiri dari Kecamatan Grokgak 8.7165 KK, Seririt 7.143 KK, Busungbiu 3.252 KK, Banjar 6.066 KK, Sukasada 5.369 KK, Buleleng 5.428 KK, Sawan 4.389 KK, Kubutambahan 6.234, dan Kecamatan Tejakula 4.729 KK.

Dari data ini TNP2K kemudian mengklasifikasikan dalam tiga golongan kemiskinan atau yang disebut dengan istilah desil. Pembagian golongan penduduk miskin ini berdasarkan 14 kreteria kemiskinan, dimana dua diantaranya diukur dari kondisi rumah yang tidak layak huni dan penduduk bersangkutan tidak memiliki pekerjaan tetap. Desil pertama dengan kreteria penduduk sangat miskin, tercatat 8.422 KK. Desil kedua dengan kreteria miskin tercatat 21.481 KK, dan desil ketiga dimana kreterianya hampir miskin sebanyak 21.481.

Kepala Dinas Sosial, Gede Komang didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Fakis Miskin, Gede Rejasa, Jumat (28/11/2014) mengatakan, penanganan kemiskinan di Buleleng sesuai dengan kebijakan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST dan Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra, S.P.Og. Kebijakan itu melalui bantuan bedah rumah, dan rehab rumah.

Untuk penanganan bedah rumah, dilakukan dengan alokasi dana dari bantuan dari pemerintah pusat (APBN), bantuan Pemerintah Provinsi Bali (APBD I), bantuan Pemkab Buleleng (APBD II) dan satu lagi memanfaatkan bantuan dari program courporate sosial responsibility (CSR) dari perusahaan di daerah. Dari program bedah dan rehab rumah ini tercatat 4.029 KK sudah sudah tersnetuh dengan program ini. Selain itu, program penanganan melalui pemberdayaan, juga dilakukan dengan pembentukan kelompok usaha bersama (KUBE) dan bantuan bibit ternak dan usaha lainnya. (BP)

Tagged as:
BuLdoG

Dari, Oleh, Untuk Buleleng

Dapatkan Info Terbaru Dari Suara Buleleng

Masukkan alamat e-mail Anda agar kami dapat mengirimkan Berita Terbaru langsung ke mailbox Anda

Share This Post

Topik Terkait

0 komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

© 2013 SUARA BULELENG. WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top